Skip to main content

Pilih Sendiri Cara Taubatmu

Sebagian dari kita tak pernah tersesat. Sebagian kita pernah tersesat. Sebagian dari kita tak pernah merasa tersesat. Sebagian dari kita tetap tersesat.

Ketika saya duduk di SMP, guru agama saya dengan sangat bersemangat menjelaskan kalimat 'kun fa ya kun'. Saya sangat mencoba memahaminya. Pak Guru meletakkan sebatang kapur di atas meja. Katanya: jika Allah berkehendak untuk memindahkan kapur ini dari satu titik ke titik lain, maka apa yang diharapkan terjadi, terjadilah.

Tak ada pertanyaan, tak ada debat. Karena dogma yang kami terima memang tidak untuk diperdebatkan. Semua percaya akan kekuasaan Allah. Jika Allah menghendaki kapur itu bergerak, maka ia akan bergerak. Begitu mudahnya. Mahaperkasa Allah. Jika Allah berkehendak gunung meletus, maka meletuslah. Jika Allah berkehendak orang mati, maka matilah.

Entah apa yang terjadi, penjelasan sang guru agama saat itu sangat mengganggu saya. Saya memang tak pernah meragukan kemampuan yang dimiliki Allah, tuhan semesta alam. Namun, memindahkan sebatang kapur dari satu titik satu ke titik lain, tanpa sebuah alasan jelas, sangatlah tidak masuk akal.

Penjelasan kun fa ya kun yang tak membuat saya puas kala itu, sangat membekas di hati dan pikiran saya. Sejak saat itu saya menjadi sangat kritis dan tak mudah puas dengan berbagai penjelasan hadis dan kitab suci dari beragam orang. Termasuk dari para pendakwah. Semua tampak tidak masuk akal karena interpretasi yang dangkal dan asal.

Bertahun-tahun kemudian saya menjadi tak percaya dengan apa yang saya yakini. Saya bertanya untuk semua yang saya tahu, rasa, dan pikirkan. Namun tak jua penjelasan itu datang dan memuaskan.

Bertahun-tahun, apa yang saya yakini, pupus. Seorang sahabat bertanya: apa agamamu, Sep? Saya jawab, "Agama saya adalah semua agama."

Ketika saya mulai percaya bahwa semua agama itu sebangun, namun itu pun tak menentramkan. Lalu perjalanan baru pun saya dimulai. Saya mencari tuhan yang sebenar-benarnya tuhan. Tak kunjung terjawab. Hingga saya percaya tentang hukum sebab akibat. Ada awan maka mungkin hujan. Ada tonjokan di pipi maka mungkin pipi memar dan luka. Tak mungkin sebatang kapur tiba-tiba akan pindah dari satu ke titik lain jika tak ada yang memindahkan, jika tak ada angin yang mengelindingkan, jika tak ada kemiringan dari permukaan meja itu, jika tak ada tangan yang menggeser. Lalu pertanyaan besar itu muncul. Benarkah tuhan itu ada? Kata saya, tidak. Tuhan itu hanya legenda.

Beberapa waktu lalu saya terkapar kena malaria. Di tengah perjuangan saya melawan gejala-gejala sakit yang sangat tidak nyaman, saya dihadapkan oleh sebuah peristiwa 'menjelang kematian' yang gaib dan ganjil. Adik lelaki saya menyebutnya: proses kematian yang tertunda. Pengalaman inilah yang membuat saya tersundut. Saya seperti hanya memiliki satu pintu untuk kembali kepada satu tuhan yang pernah saya miliki dulu. Saya dihadapkan pada kuasa-Nya.

Sesadar-sadarnya, saya mengislamkan kembali diri saya. Saya merasa perlu bersaksi betapa tuhan yang layak saya sembah hanyalah Allah, tuhan yang juga disembah oleh Ibu dan Bapak dan hampir oleh semua tetangga saat saya kecil dulu. Dokter boleh bilang ini halusinasi karena demam tinggi. Saya menyebutnya inilah panggilan untuk kembalinya keimanan saya.

Ketika dihadapkan pada pengalaman 'nyaris mati sebelum mati', saya sangat takut, karena tentu saja saya belum siap berpulang. Padahal saya sedang tdak bertuhan saat itu. Saat 'kematian' itu menjelang, pengalaman sebatang kapur berpindah dari satu titik ke titik lain itu benar adanya saya alami. Kun faya kun.

Hari itu, sepanjang hari dua botol infus yang memasok cairan ke tubuh saya macet. Setelah masa 'proses kematian' itu batal, ternyata tak ada masalah dengan infus. Ketika 'proses kematian' itu tidak komplit saya jalani, saya ingin sekali menghubungi Ibu untuk meminta ampun. Handphone rusak, padahal beberapa menit sebelumnya saya mendengar banyak sambungan dan pesan masuk. Bahkan untuk membuka dan mengirim pesan pun tak bisa. Saat itu saya berpikir bahwa menghubungi Ibu saya bukanlah suatu prioritas. Ada hal lain yang perlu saya lakukan terlebih dahulu. tiba-tiba azan isya bergema. Saya tahu apa jawabnya. Saya perlu sembahyang dulu. Ajaib, setelah sembahyang, handphone mendadak berfungsi kembali.

Inilah sebenar-benarnya kun fa ya kun. Tanpa harus dicari logisnya. Tanpa harus bisa dicerna oleh pikiran sehat atau tidak. Ilmiah atau tidak. Selama ini saya lupa, bahwa tak semua hal yang berhubungan dengan ketuhanan harus betul-betul masuk akal. Begitu saya yakin, yakinlah.

Maka bertaqwalah terhadap Tuhan yang kau sembah tatkala kau mendapat 'teguran'. Bahwa tsunami besar itu pun adalah teguran. Bahwa kita kehilangan barang kesayangan kita teguran. Kita gagal ujian adalah teguran. Kita terluka atas sebuah hubungan adalah teguran. Seketika itu, ingatlah Tuhanmu. Karena dengan begitulah Tuhanmu memberi peringatan. Karena Ia tak cakap berbicara verbal akhir-akhir ini, Ia cukup menunjukkan kuasa-Nya. Maka yakinlah bahwa kau sangat Ia cintai.

Sudahkah kau pilih cara bertaubatmu: kesakitan, kehilangan, kesengsaraan, kesedihan, kegagalan?


Comments

Popular posts from this blog

Out of The Box

Saya sedang tidak berminat berpaguyuban. Saya ingin banyak meluangkan waktu sendiri. Melakukan banyak hal yang berbeda dari biasanya, menemukan komunitas baru, dan lain sebagainya. Pelan-pelan saya melepaskan ketergantungan dari riuhnya pertemanan yang hiruk pikuk: bergerombol di cafe, bergerombol di club, bergerombol di bioskop. Waktu seperti menguap tanpa kualitas. Belakangan, saya jadi punya banyak waktu untuk mengecilkan lingkar perut, banyak waktu untuk membaca buku, membiarkan diri saya melebur dengan komunitas dan teman-teman baru, dan yang lebih penting, saya bisa punya waktu untuk mengamati diri saya. Sekedar merubah pola.

Forum Rektor se-Asia

Saya dan sahabat-sahabat dari Fakultas Ekonomi UNJ, sedang jumpalitan menyelenggarakan forum rektor se-Asia. Nama acaranya "Asian University Presidents Forum 2009". Persiapan sudah sejak setahun lalu. Perjuangan yang merepotkan karena harus berbagi waktu, tenaga, dan pikiran untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang juga menuntuk konsentrasi. AUPF ini berlangsung dari 18 tanggal hingga 21 Oktober. Event ini diadakan di hotel Borobudur. Namun tak sekedar di hotel ini saja kegiatan berlangsung karena kami juga memilih beberapa lokasi lain untuk bermacam kegiatan seperti Town Hall gubernuran, Gedung Arsip, Cafe Batavia, Segarra Ancol, Museum Sejarah, dan Istana Bogor. Untuk event ini, saya mengambil peran sebagai External Relations. Itu job utamanya, tapi ketika waktunya tiba, apa saja dikerjakan untuk membantu bagian-bagian lain yang keteteran. Bekerja dengan orang-orang yang belum pernah bekerja dan orang-orang yang pernah bekerja dengan latar belakang motivasi yang beragam, lumaya

Super Deal 2 Milyar, Super Rekayasa?

ANTV bersimbiosis dengan STAR TV. Secara revolusioner statsiun TV ini melakukan pembenahan. Maka program-program unggulan diluncurkan. Berminat dengan kemilau dan bakat Farhan, mereka berani mengontrak secara ekslusif lelaki asal Bandung yang sebelumnya tumbuh subur di lading kreatif Trans TV, dengan nilai rupiah yang menjuntai. Namun program talk show yang dikomandani Farhan setiap malam itu hingga kini belum bisa dikatakan sukses. Lalu, muncullah acara kuis Super Deal yang mempesona jutaan pemirsa karena nilai hadiahnya yang mencapai 2 milyar Rupiah. Siapa yang tak ingin ketiban rejeki sebanyak itu? Kali ini, Nico Siahaan yang berkesempatan membawakan acara. Untuk meningkatkan awareness public terhadap acara kuis Super Deal, baliho besar-besar dipasang nyaris di setiap perempatan jalan Jakarta, entah kalau di luar kota. Lalu secara mengejutkan, sepasukan guru yang menjadi peserta kuis tiba-tiba tampil dan berhasil mendapatkan uang senilai dua milyar! Fantastis