Skip to main content

The Story of 'Kejadian'

Kecelakaan yang merenggut nyawa Taufik Savalas mengagetkan banyak pihak. Seorang sahabat menghubungi saya apakah saya akan menulis tentang sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa itu. Saya nyatakan tidak. Namun sepertinya saya perlu berubah pikiran. Saya ingin menulis sesuatu. Tapi tentu saja tak berhubungan dengan komedian itu karena saya tak mengenalnya.

Beberapa hal seolah sinkron dengan sejumlah peristiwa yang menimpa orang-orang di sekitar saya akhir-akhir ini: issue kematian. Seorang sahabat bercerita jika ibu mertuanya yang sudah sepuh, sering mengalami halusinasi dikunjungi dan dikelilingi banyak orang. Cerita ini mengingatkan pada sebuah tulisan yang sehari sebelumnya saya baca. Tentang kejadian mirip yang dialami oleh Nurcholis Madjid, tokoh nasionalis kita. Sebelum wafatnya, ia beberapa kali bercerita pada isterinya. Ia menerima kunjungan dari orang-orang yang telah meninggal. Salah satunya adalah bekas gurunya sewaktu di pesantren.

Seorang sahabat lain yang sudah beberapa hari ini sakit mengirim pesan pendek. Ia takut. Saya berasumsi jika yang ia takutkan adalah kematian itu. Saya jawab, mestilah takut.

Ada beberapa jenis kejadian yang biasa terjadi pada kita:1. Kejadian yang kita harapkan. Lalu kejadian itu terjadi dan kita mengalaminya. Maka apa yang kita rencanakan dan harapkan, telah Tuhan ijinkan terjadi. Kejadin ini bisa dalam kurun waktu yang cepat maupun lama. Umumnya kita selalu berharap kejadian-kejadian yang terjadi adalah kejadian-kejadian yang baik, indah, sesuai dengan harapan.

2. Kejadian yang kita tidak harapkan. Sebisa mungkin kita selalu berusaha menghindar dari kerjadian-kejadian yang kita tidak harapkan. Kejadian-kejadian ini umumnya kita nilai tidak indah, tidak baik, menyusahkan, menyesngsarakan. Entah datangnya cepat maupun lambat, kita tak pernah ingin kejadian-kejadian yang tidak kita harapkan terjadi pada kita.

Namun kejadian yang kita tidak harapkan tidak selalu tidak indah. Jika benar halusinasi yang dialami oleh ibu mertua sahabat saya di atas adalah sebuah pertanda bahwa beliau akan segera berpulang, maka kejadian yang tidak diharapkan bukanlah sesuatu yang tidak indah. Bersyukurlah beliau dan keluarganya diberi isyarat sehingga masih memiliki waktu untuk menyelesaikan berbagai urusan dunia yang belum selesai.

Mestinya rasa takut akan kematian yang dialami oleh sahabat saya yang sedang sakit itu adalah sesuatu yang indah juga. Karena takut itulah maka dia perlu bertobat.

Padahal tak satu pun dari kita sekalipun pernah siap untuk mati. Maka janganlah sekali-sekali menantang kematian. Setiap saat kita menjadi pendosa karena indera dan semua organ tubuh kita tak luput melakukan dosa. Lalu mengapa kita tak pernah waspada untuk terus mengingat-Nya?

Bagaimana jika peristiwa yang dialami oleh Taufik Savalas kita alami juga sementara kita tak punya secuil tabungan pahala pun yang dapat menyelamatkan kita dari pengadilan hari akhir?
[Untuk Dina, semoga ibu mertuamu segera disembuhkan jika memang belum saatnya buat beliau untuk pergi. Namun jika Allah memang sudah menentukan waktunya, semoga semuanya terjadi dalam kebaikan.

Untuk Yeyen, lekas sembuh, ya]

Comments

Popular posts from this blog

Out of The Box

Saya sedang tidak berminat berpaguyuban. Saya ingin banyak meluangkan waktu sendiri. Melakukan banyak hal yang berbeda dari biasanya, menemukan komunitas baru, dan lain sebagainya. Pelan-pelan saya melepaskan ketergantungan dari riuhnya pertemanan yang hiruk pikuk: bergerombol di cafe, bergerombol di club, bergerombol di bioskop. Waktu seperti menguap tanpa kualitas. Belakangan, saya jadi punya banyak waktu untuk mengecilkan lingkar perut, banyak waktu untuk membaca buku, membiarkan diri saya melebur dengan komunitas dan teman-teman baru, dan yang lebih penting, saya bisa punya waktu untuk mengamati diri saya. Sekedar merubah pola.

Forum Rektor se-Asia

Saya dan sahabat-sahabat dari Fakultas Ekonomi UNJ, sedang jumpalitan menyelenggarakan forum rektor se-Asia. Nama acaranya "Asian University Presidents Forum 2009". Persiapan sudah sejak setahun lalu. Perjuangan yang merepotkan karena harus berbagi waktu, tenaga, dan pikiran untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang juga menuntuk konsentrasi. AUPF ini berlangsung dari 18 tanggal hingga 21 Oktober. Event ini diadakan di hotel Borobudur. Namun tak sekedar di hotel ini saja kegiatan berlangsung karena kami juga memilih beberapa lokasi lain untuk bermacam kegiatan seperti Town Hall gubernuran, Gedung Arsip, Cafe Batavia, Segarra Ancol, Museum Sejarah, dan Istana Bogor. Untuk event ini, saya mengambil peran sebagai External Relations. Itu job utamanya, tapi ketika waktunya tiba, apa saja dikerjakan untuk membantu bagian-bagian lain yang keteteran. Bekerja dengan orang-orang yang belum pernah bekerja dan orang-orang yang pernah bekerja dengan latar belakang motivasi yang beragam, lumaya

Super Deal 2 Milyar, Super Rekayasa?

ANTV bersimbiosis dengan STAR TV. Secara revolusioner statsiun TV ini melakukan pembenahan. Maka program-program unggulan diluncurkan. Berminat dengan kemilau dan bakat Farhan, mereka berani mengontrak secara ekslusif lelaki asal Bandung yang sebelumnya tumbuh subur di lading kreatif Trans TV, dengan nilai rupiah yang menjuntai. Namun program talk show yang dikomandani Farhan setiap malam itu hingga kini belum bisa dikatakan sukses. Lalu, muncullah acara kuis Super Deal yang mempesona jutaan pemirsa karena nilai hadiahnya yang mencapai 2 milyar Rupiah. Siapa yang tak ingin ketiban rejeki sebanyak itu? Kali ini, Nico Siahaan yang berkesempatan membawakan acara. Untuk meningkatkan awareness public terhadap acara kuis Super Deal, baliho besar-besar dipasang nyaris di setiap perempatan jalan Jakarta, entah kalau di luar kota. Lalu secara mengejutkan, sepasukan guru yang menjadi peserta kuis tiba-tiba tampil dan berhasil mendapatkan uang senilai dua milyar! Fantastis