Skip to main content

DaVinci Code




Menyaksikan film yang diangkat dari sebuah novel, siap-siap saja menerima kejutan. Bisa manis, bisa hambar. Bisa lebih sederhana dari kisah aslinya, bisa lebih spektakuler. Tentu saja dengan selusin alasan.

Jika dengan membaca buku DaVinci Code karya Dan Brown itu anda menemukan sejumlah 'rasa' petualangan, jangan harap di filmnya akan merasakan hal yang sama. Walaupun ide besarnya adalah pemburuan 'harta karun' untuk mematahkan sebuah mitos yang kadung dipercaya oleh jutaan umat di dunia, film ini tak seseru Indiana Jones atau bahkan National Treasure.

Saya merasakan pemilihan Tom Hank terlalu dipaksakan untuk menggambarkan sosok seorang professor yang piawai memecahkan berbagai kode. Saya seperti masaih melihat Forrest Gump yang disembuhkan dari idiotnya. Tom Hank tampil tak terlalu memukau. Hal yang mengganggu lainnya adalah dengan menghilangkan dialek Prancis aktris Audrey Toutou. Dengan hawa Prancis yang begitu kental dari awal hingga akhir, sayang saja jika identitas linguistik ini ditiadakan. Aksen Prancis justeru banyak terdengar dari para figuran. Bahkan Jean Reno yang tampi lebih dari separuh tayangan ini pun harus mengorbankan aksen khasnya. Bisa dimaklumi jika para pemodal merasa perlu tetap mengibarkan identitas bahwa DaVinci Code adalah film Amerika, yang harus laku dijual di seluruh dunia.

Jika selama menonton anda terlalu mengandalkan teks terjemahan, sepertinya anda akan kehilangan sejumlah percakapan penting. Ada beberapa percakapan yang tidak diberi subtitle. Dengan mengangkat sejumlah topik sensitif yang bisa mengarah pada SARA, saya agak heran kenapa film ini lolos sensor, atau setidaknya lolos tanpa terlalu disensor. Simaklah percakapan para tokoh utama memperbincangkan tentang kesibukan para sesepuh gereja menentukan tanggal kelahiran Jesus, hari Paskah, hingga bagaimana menuhankannya. Termasuk keberanian membuat sebuah kesimpulan tentang Jesus dan kehamilan Maria Magdalena, perempuan pelacur yang turut hadir pada perjamuan akhir. Untuk sebuah kejutan besar bahwa Jesus berketurunan dan keturunan terakhirnya masih hidup, penyajiannya terlalu biasa. Atau karena saya terlalu percaya bahwa ini kisah fiktif semata? Penyensoran lebih terlihat pada beberapa bagian film yang mempertontonkan pria telanjang.

Saya menduga diloloskannya film ini, karena yang diangkat adalah sejarah kristiani, bukan sejarah nabinya orang muslim.

Secara teknis, satu hal yang saya catat dari kontinyuiti adegan, yang mungkin lepas dari pengawasan editor. Ketika seorang tokoh penjaga berpakaian Gregorian berhasil dibekuk, diikat dengan mulut diplester. Ketika tokoh utama perempuan membukakan plester karena ingin mendengar jawaban dari pertanyaan yang diajukan, dia tak menutupkan lagi plesternya. Tak ada orang lain yang memasangkan plester tersebut kembali. Namun pada adegan selanjutnya, plester sudah terpasang kembali.

Sebagai sebuah tontonan, film ini sangat menghibur. Jika anda belum nonton, sebaiknya segera berkemas. Karena siapa tahu akan segera didemo lalu dilarang oleh pemerintah. Di beberapa negara, film ini diboykot.

Tapi tenang, tak akan ada FBR apalagi FPI yang mendemo. FPI hanya tertarik hal-hal yang bersinggungan dengan agama yang mereka anut.

Comments

Popular posts from this blog

Out of The Box

Saya sedang tidak berminat berpaguyuban. Saya ingin banyak meluangkan waktu sendiri. Melakukan banyak hal yang berbeda dari biasanya, menemukan komunitas baru, dan lain sebagainya. Pelan-pelan saya melepaskan ketergantungan dari riuhnya pertemanan yang hiruk pikuk: bergerombol di cafe, bergerombol di club, bergerombol di bioskop. Waktu seperti menguap tanpa kualitas. Belakangan, saya jadi punya banyak waktu untuk mengecilkan lingkar perut, banyak waktu untuk membaca buku, membiarkan diri saya melebur dengan komunitas dan teman-teman baru, dan yang lebih penting, saya bisa punya waktu untuk mengamati diri saya. Sekedar merubah pola.

Billboard Udud

Pemprov DKI serius untuk menelikung para perokok aktif. Setelah mengeluarkan larangan merokok di beberapa kawasan, disusul dengan larangan beriklan bagi produsen rokok di jalan-jalan protokol. Mestinya, mulai Maret lalu, billboard iklan rokok yang semarak di sepanjang Sudirman, Gatot Subroto, dll itu tak sudah tak boleh lagi terpasang. Namun, pengecualian bagi pemasang iklan yang masa tayangnya belum habis, ditunggu hingga akhir masa kontrak. Sesederhana itukah? Seperti bisa ditebak, larangan-larangan apa pun yang diberlakukan pasti selalu diikuti sebuah koalisi kolusi. Tak ada hukuman bagi pengiklan iklan yang masih memasang billboardnya di sana walaupun tenggang waktu sudah terlewat. Yang terjadi adalah, adanya perpanjangan kontrak sebelum tenggang waktu itu habis. Sehingga iklan-iklan rokok itu akan terus terpasang selama masa kontrak yang diperpanjang. Jika perlu, kontrak untuk jangka waktu hingga masa kepemimpinan Sutiyoso berakhir. Sambil berharap, pemerintah provinsi yang baru a...

Payudara di Televisi Kita

Stasiun televisi kita, makin sering menampilkan program tv dengan bumbu payudara. Mungkin untuk menarik minat penonton. Semakin banyak penonton yang menyaksikan tayangan-tayangan mereka, rating acara akan membumbung, dan pengiklan datang. Namanya kompetisi, ya, bo. Tengok saja panggung dangdut, panggung penari, peragaan busana, hingga seserahan sambutan pun tak luput dari sajian payudara. Beberapa siaran langsung, lainnya siaran tunda. Katakan, 'munculnya' payudara di acara tersebut adalah sebuah insiden. Sangat maklum jika kejadian tersebut terjadi pada siaran langsung. Namun jika tayangan itu bukan langsung dan masih juga kecolongan? Please, deh. Jika peristiwa-peristiwa itu memang tak dikehendaki bersama, demi amannya, apa sebaiknya pihak stasiun membuat rambu-rambu khusus perihal busana seperti apa saja yang boleh digunakan oleh siapapun yang akan disorot kamera? Tentunya tanpa harus memasung demokrasi berekpresi.