Belum lama seorang perempuan muda (dari suaranya) menelpon. Memperkenalkan diri, mengaku dari Indosat Matrix.
- Selamat siang. Nama saya ..., dari Indosat. Apakah Bapak bernama Usep Suhud?
+ Ya.
- Apakah Bapak beralamaat di bla bla bla...
+ Ya.
- Saya sedang melakukan pencocokan data, barangkali data Bapak ada yang berubah.
+ Silakan.
- Apakah tanggal lahir Bapak masih tanggal ... bulan ... tahun ...?
+ Eit? Anda dari mana tadi? Apakah percakapan ini direkam?
- Ya, Pak.
- Pertanyaan aneh. Bilang kepada Supervisor atau Manager Anda, jangan pernah ajukan pertanyaan bodoh seperti itu. Sejak kapan ada orang punya tanggal lahir berubah-rubah? Saya tak percaya kepada Anda.
[Saya curiga modus operandi seperti ini. Seseorang menelpon berlagak mencocokkan data kita. Biasanya pemilik data (contoh, Indosat) menjual data kepada pihak lain, seperti perusahaan asuransi, membership club atau hotel, kartu kredit, dll]
- Jika Bapak tak percaya, silakan hubungi kami, Wisma Antara lantai 8, telpon 3007001, ekstension 9585. Pencocokan data ini diberlakukan untuk member Indosat VIP.
+ Nomor telepon seperti itu biasanya tak bisa dihubungi.
- Bisa, Pak. Ini produk StarOne kami. Silakan hubungi nomor tadi.
+ Saya tak mau buang energi untuk melakukannya. Lagian saya bukan anggota Indosat VIP.
[Indosat VIP hanya untuk pelanggan yang tiap bulannya membayar tagihan minimal Rp 500,000 per bulan. Tagihan saya tidak setiap bulan mencapai angka itu]
- Terima kasih untuk waktu Bapak.
Ada yang mau menghubungi nomor di atas?
Comments