Skip to main content

Araluen Botanical Garden

Another unplanned trip. Saya berdiri di stasiun bis, lalu mengamati jalur-jalur kereta kemana saja arahnya. Mau sesuatu yang belum pernah saya kunjungi: Armadale. Lalu sambil menunggu kereta datang, saya sempatkan browsing, mencari tempat apa saja yang mungkin menarik untuk dikunjungi. Di urutan pertama sebagai objek wisata yang direkomendasikan oleh sebuah website adalah Araluen Botanical Garden. Okay, go get there!

Tidak sampai 60 menit, saya sudah tiba di ujung rel Armadale. Hal pertama yang saya lakukan adalah bertanya kepada pertugas stasiun. Lelaki muda berkepala botak yang saya tanyai, sangat ramah membantu. Ia menelpon kemana-mana untuk mendapatkan informasi kendaraan apa yang mungkin bisa membawa saya ke sana.

Ternyata cuma ada taksi dan untuk jarak terdekat, saya harus mundur balik sekitar 3 stasiun. Saya ikuti petunjuk pria tadi setelah sebelumnya saya menelpon Swan Taxi untuk mengatur penjemputan di stasiun Helmscott.

Keluar dari Helmscott, sebuah taksi mendekat. Bapak sopir taksi harus membuka buku peta yang setebal buku halaman kuning untuk mengetahui letak Araluen Botanical Garden. Namun ternyata buku tersebut tak dapat membantu sampai akhirnya saya kembali online untuk mencari nomor telepon yang bisa dihubungi. Syukurlah, pada website kebon raya itu, tercantum nomor telepon. Pak sopir berbaik hati mau menelpon ke sana.

Saya tak bawa uang tunai yang cukup. Untungnya, baik taksi dan kantor tiket kebon raya bisa menerima kartu elektronik. Salah satu alasan enaknya tinggal di Australia kita tak perlu membawa uang kemana-mana. Saya mengeluarkan uang 20,6 dolar untuk taksi dan 4 dolar untuk tiket masuk Araluen Botanical Garden. Hmm,

saya tutup mata dengan jumlah yang saya keluarkan.

Langit berawan untungnya hingga matahari tak terlalu terik. Namun hawa musim panas terpantul dari tanah yang kering dan dahan-dahan yang meranggas.

Dalam perjalanan, saya sempat membayangkan Kebon Raya Bogor (KRB). Namun begitu tiba, bayangan saya langsung berantakan karena sama sekali berbeda dan tak bisa dibandingkan. KRB luar biasa dari segi koleksi, penataan, dan suasananya. Saya terus menyusuri jalan setapak beraspal, tangga dan jembatan kayu, dan melintas tanah berlempung kering yang beda dari permukaan Perth pada umumnya yang berpasir. Sambil menghabiskan bekal makan siang, saya terus menanjak-turuni bukit-bukit di sana. Sejujurnya, saya tak begitu puas dengan trip saya ini karena tempat yang saya kunjungi tidak terlalu menarik. Tapi setidaknya, rasa penasaran saya terpuasi.

Seorang aki-aki tampak akan membetulkan alat bakar barbeque. "Are you working here?" tanya saya iseng. Kakek itu ramah membalas. Ketika saya berlalu menuju halaman rumput di sebuah pohon besar yang tak rindang, lelaki tua itu menawarkan tumpangan jika saya mau kembali ke kota. Hah? Serasa dapat rezeki nomplok. Saya langsung membayangkan uang 20 dolar yang bisa saya irit!

Sementara Frank, kakek bermuka tirus itu bekerja, saya mulai rebahan, membaca buku, membiarkan bebek-bebek liar menginjak-injak buku, dan mendengarkan beberapa lagu dari Gregorian, Ira Maya Sopha, dan Chicago.

Sambil menyetiri mobilnya yang berantakan, Frank yang berumur 73 tahun, bercerita tentang Autumn dan Spring yang sepertinya lebih enak dibanding Summer dan Winter. Katanya, jika saya datang di musim semi, banyak bunga tulip bermekaran di kebon raya tadi. Kakek beranak dua ini lalu menunjukkan sungai kecil di bawah bukit yang mengalir sepanjang jalan yang hampir semuanya tertutup pohonan. Sangat menyenangkan bisa bercakap-cakap dengan bule Australia itu.

Saya diturunkan di stasiun Paddington sementara dia melanjutkan perjalanannya pulang. Bye, Frank. Thank to the universe too.





Comments

Popular posts from this blog

Out of The Box

Saya sedang tidak berminat berpaguyuban. Saya ingin banyak meluangkan waktu sendiri. Melakukan banyak hal yang berbeda dari biasanya, menemukan komunitas baru, dan lain sebagainya. Pelan-pelan saya melepaskan ketergantungan dari riuhnya pertemanan yang hiruk pikuk: bergerombol di cafe, bergerombol di club, bergerombol di bioskop. Waktu seperti menguap tanpa kualitas. Belakangan, saya jadi punya banyak waktu untuk mengecilkan lingkar perut, banyak waktu untuk membaca buku, membiarkan diri saya melebur dengan komunitas dan teman-teman baru, dan yang lebih penting, saya bisa punya waktu untuk mengamati diri saya. Sekedar merubah pola.

Forum Rektor se-Asia

Saya dan sahabat-sahabat dari Fakultas Ekonomi UNJ, sedang jumpalitan menyelenggarakan forum rektor se-Asia. Nama acaranya "Asian University Presidents Forum 2009". Persiapan sudah sejak setahun lalu. Perjuangan yang merepotkan karena harus berbagi waktu, tenaga, dan pikiran untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang juga menuntuk konsentrasi. AUPF ini berlangsung dari 18 tanggal hingga 21 Oktober. Event ini diadakan di hotel Borobudur. Namun tak sekedar di hotel ini saja kegiatan berlangsung karena kami juga memilih beberapa lokasi lain untuk bermacam kegiatan seperti Town Hall gubernuran, Gedung Arsip, Cafe Batavia, Segarra Ancol, Museum Sejarah, dan Istana Bogor. Untuk event ini, saya mengambil peran sebagai External Relations. Itu job utamanya, tapi ketika waktunya tiba, apa saja dikerjakan untuk membantu bagian-bagian lain yang keteteran. Bekerja dengan orang-orang yang belum pernah bekerja dan orang-orang yang pernah bekerja dengan latar belakang motivasi yang beragam, lumaya

Super Deal 2 Milyar, Super Rekayasa?

ANTV bersimbiosis dengan STAR TV. Secara revolusioner statsiun TV ini melakukan pembenahan. Maka program-program unggulan diluncurkan. Berminat dengan kemilau dan bakat Farhan, mereka berani mengontrak secara ekslusif lelaki asal Bandung yang sebelumnya tumbuh subur di lading kreatif Trans TV, dengan nilai rupiah yang menjuntai. Namun program talk show yang dikomandani Farhan setiap malam itu hingga kini belum bisa dikatakan sukses. Lalu, muncullah acara kuis Super Deal yang mempesona jutaan pemirsa karena nilai hadiahnya yang mencapai 2 milyar Rupiah. Siapa yang tak ingin ketiban rejeki sebanyak itu? Kali ini, Nico Siahaan yang berkesempatan membawakan acara. Untuk meningkatkan awareness public terhadap acara kuis Super Deal, baliho besar-besar dipasang nyaris di setiap perempatan jalan Jakarta, entah kalau di luar kota. Lalu secara mengejutkan, sepasukan guru yang menjadi peserta kuis tiba-tiba tampil dan berhasil mendapatkan uang senilai dua milyar! Fantastis