Skip to main content

Senyuman yang Menentramkan



Saya melemparkan senyum pada seorang bapak yang duduk canggung menerima penjelasan tentang suatu produk dari seorang Sales Promotion Girl pada sebuah lobby pusat perbelanjaan. Bapak itu balas tersenyum. Sahabat saya penasaran.
"Mengapa Bapak itu tersenyum?"
"Dia tersenyum karena gue tersenyum"
"Kalian saling kenal?"
"Tidak?"
"Lalu kenapa kalian saling tersenyum padahal tidak saling kenal?"
"Bapak itu dalam kesulitan"

Seorang anak menangis sangat keras dan lama di sebuah rumah sakit. Ibunya kehabisan akal untuk menghentikan tangis anaknya. Semua orang sepertinya menjadi gatal untuk ikut bertindak membekap mulut anat itu. Saya bukan ahli menenangkan anak. Namun ketika anak itu selintas menatap saya, saya manfaatkan untuk tersenyum. Ajaib, anak itu tiba-tiba berhenti menangis.

Setelah menempuh perjalanan yang agak panjang pada sebuah acara hunting foto, saya dan teman-teman berhenti sejenak di sebuah taman. Saya membeli sebotol air mineral dari seorang bapak yang menjual barang dagangannya dengan sebuah gerobak. Saya melihat botol air mineralnya terlihat sangat berdebu dan tergores-gores. Mungkin stok lama. Bapak itu terlihat ragu. Namun saya mantap menerima botol itu sambil tersenyum. Bapak itu menatap wajah saya lama, lalu membungkuk dalam sekali.

Saya dalam kesulitan keuangan yang teramat merepotkan. Berbagai kewajiban harus saya penuhi, padahal sumber pemasukan tak begitu menjanjikan. Walalupun sudah saya usahakan untuk tidak terlalu dipikirkan, namun tetap saja mengurangi konsentrasi bekerja. Nafas saya terasa berat. Pikiran saya dipenuhi oleh imajinasi bagaimana bisa melepaskan segera dari berbagai urusan keuangan ini.

Ketika benar-benar tak ada lagi hal yang bisa saya lakukan, saya menghampiri cermin. Saya membuat garis senyum di bibir dengan seindah mungkin, setulus mungkin. Seharian saya lakukan itu. Hingga menjelang tidur pun, gerakan itu tak saya pudarkan. Keesokan harinya, meskipun masalah keuangan belum terselesaikan namun hati saya tak terlalu susah amat. Pikiran lebih kosong. Saya percaya, senyuman yang saya buat telah membantu saya melewati masa sulit.

Comments

Anonymous said…
senyum adalah sebuah harapan, sebuah kebersamaan dan sebuah kepedulian :)

Popular posts from this blog

Out of The Box

Saya sedang tidak berminat berpaguyuban. Saya ingin banyak meluangkan waktu sendiri. Melakukan banyak hal yang berbeda dari biasanya, menemukan komunitas baru, dan lain sebagainya. Pelan-pelan saya melepaskan ketergantungan dari riuhnya pertemanan yang hiruk pikuk: bergerombol di cafe, bergerombol di club, bergerombol di bioskop. Waktu seperti menguap tanpa kualitas. Belakangan, saya jadi punya banyak waktu untuk mengecilkan lingkar perut, banyak waktu untuk membaca buku, membiarkan diri saya melebur dengan komunitas dan teman-teman baru, dan yang lebih penting, saya bisa punya waktu untuk mengamati diri saya. Sekedar merubah pola.

Forum Rektor se-Asia

Saya dan sahabat-sahabat dari Fakultas Ekonomi UNJ, sedang jumpalitan menyelenggarakan forum rektor se-Asia. Nama acaranya "Asian University Presidents Forum 2009". Persiapan sudah sejak setahun lalu. Perjuangan yang merepotkan karena harus berbagi waktu, tenaga, dan pikiran untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang juga menuntuk konsentrasi. AUPF ini berlangsung dari 18 tanggal hingga 21 Oktober. Event ini diadakan di hotel Borobudur. Namun tak sekedar di hotel ini saja kegiatan berlangsung karena kami juga memilih beberapa lokasi lain untuk bermacam kegiatan seperti Town Hall gubernuran, Gedung Arsip, Cafe Batavia, Segarra Ancol, Museum Sejarah, dan Istana Bogor. Untuk event ini, saya mengambil peran sebagai External Relations. Itu job utamanya, tapi ketika waktunya tiba, apa saja dikerjakan untuk membantu bagian-bagian lain yang keteteran. Bekerja dengan orang-orang yang belum pernah bekerja dan orang-orang yang pernah bekerja dengan latar belakang motivasi yang beragam, lumaya

Super Deal 2 Milyar, Super Rekayasa?

ANTV bersimbiosis dengan STAR TV. Secara revolusioner statsiun TV ini melakukan pembenahan. Maka program-program unggulan diluncurkan. Berminat dengan kemilau dan bakat Farhan, mereka berani mengontrak secara ekslusif lelaki asal Bandung yang sebelumnya tumbuh subur di lading kreatif Trans TV, dengan nilai rupiah yang menjuntai. Namun program talk show yang dikomandani Farhan setiap malam itu hingga kini belum bisa dikatakan sukses. Lalu, muncullah acara kuis Super Deal yang mempesona jutaan pemirsa karena nilai hadiahnya yang mencapai 2 milyar Rupiah. Siapa yang tak ingin ketiban rejeki sebanyak itu? Kali ini, Nico Siahaan yang berkesempatan membawakan acara. Untuk meningkatkan awareness public terhadap acara kuis Super Deal, baliho besar-besar dipasang nyaris di setiap perempatan jalan Jakarta, entah kalau di luar kota. Lalu secara mengejutkan, sepasukan guru yang menjadi peserta kuis tiba-tiba tampil dan berhasil mendapatkan uang senilai dua milyar! Fantastis